Tips Menjaga Diri dan Pasangan Saat Berbulan Madu

Menjaga Diri dan Pasangan Saat Bulan Madu


Siapapun Anda yang baru saja jadi pengantin baru pasti ingin yang namanya menjalani bulan madu ke tempat yang sudah direncanakan. Nah setelah sebelumnya ada artikel yang membahas tempat terbaik untuk berbulan madu dengan budget minim, kali ini saya akan membahas tips menjaga keamanan diri dan pasangan saat berbulan madu. Tentunya Anda dan pasangan ingin acara bulan madu berjalan lancar, aman, dan nyaman. Apalagi Anda dan pasangan tidak sedang berada di daerah asal, tapi sedang berada di kota lain atau bahkan di luar negeri. Untuk itu Anda harus tetap menjaga keamanan dan keselamatan diri dan pasangan Anda. Apa saja yang harus Anda persiapkan dan waspadai? Simak tipsnya berikut ini.


1.      Waspada dengan Orang Tak Dikenal
Di tempat tujuan pasti akan ada saja orang yang menawarkan bantuan kepada Anda. Sulit memang membedakan mana orang yang berniat membantu mana yang berniat tidak baik. Yang terpenting, selagi Anda masih bisa melakukannya seorang diri, misal mencari penginapan atau mengangkat barang, baiknya tidak perlu menerima bantuan siapapun. Kecuali memang orang tersebut adalah petugas resmi yang memang tugasnya membantu para wisatawan. Sudah banyak kejadian wisatawan ditipu oleh para scammer yang hanya ingin diberi upah tinggi tanpa berniat membantu.


2.      Siapkan Kontak Darurat
Sebelum Anda berangkat ke tujuan bulan madu, browsing di internet lalu simpan nomor telepon penting yang bisa Anda hubungi saat kondisi darurat, entah itu kantor polisi, rumah sakit, pemadam kebakaran, atau bila ada kerabat yang tinggal di kota yang sama dengan tujuan bulan madu Anda. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, maka ada baiknya untuk menyimpan kontak tersebut dan Anda dapat langsung menghubunginya bila diperlukan. Selain nomor-nomor tersebut, dapat menyimpan nomor hotel tempat Anda menginap dan taksi lokal yang terpercaya.


3.      Hindari Menyimpan Uang di Tempat yang Sama
Pisahkan tempat Anda menyimpan uang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Misalnya bila Anda membutuhkan uang kecil, Anda harus meletakannya di tempat yang mudah dijangkau, karena akan banyak diperlukan seperti membayar ongkos, membeli makanan, atau apapun. Uang dalam jumlah besar sebaiknya ditaruh di bagian tas yang sulit dijangkau. Anda dapat mengambilnya bila dibutuhkan saja. Perlu diingat untuk memisahkan uang tunai dengan dokumen-dokumen seperti KTP, passport, kartu kredit, ATM, dan identitas lainnya. Karena bila suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan, Anda masih memiliki cadangan lainnya yang telah disimpan secara terpisah.


4.      Tingkatkan Kewaspadaan
Tujuan yang Anda tidak tahu situasinya dengan baik mengharuskan Anda lebih meningkatkan kewaspadaan dibanding daerah asal Anda sendiri. Selalu peka terhadap keadaan sekitar dan berhati-hati saat sedang berjalan atau menaiki kendaraan. Jangan sampai mata Anda lepas dari pasangan Anda. Untuk menghindari kejahatan, tak perlu mengenakan perhiasan atau barang-barang yang mencolok dan mengundang perhatian. Tetap utamakan keamanan diri dan pasangan Anda.


5.      Gandakan Dokumen
Simpan dan gandakan seluruh dokumen perjalanan penting seperti jadwal keberangkatan, tiket pesawat, kartu identitas, passport, dan dokumen penting lainnya. Cetak pula peta wisata di daerah tujuan Anda. Dengan menyiapkan salinan dokumen Anda dan pasangan, Anda punya cadangan dokumen yang sewaktu-waktu bisa dikeluarkan bila diperlukan.

Demikian artikel tips menjaga keamanan diri dan pasangan saat berbulan madu. Semoga bermanfaat bagi Anda pengantin baru yang hendak berbulan madu.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Tips Menjaga Diri dan Pasangan Saat Berbulan Madu"