Tips Menghindari Ketinggalan Pesawat



Tips Menghindari Ketinggalan Pesawat


Anda pernah tertinggal pesawat? Kalau belum, semoga Anda tidak pernah mengalami. Kalau saya sih, pernah. Rasanya? Nyesek banget. Anda akan berurusan dengan proses refund yang yang cukup rumit. Pengembaliannya pun hanya sekian persen. Belum lagi harus berhadapan dengan oknum yang menawarkan penerbangan baru. Walau saya tetap bisa melakukan penerbangan hari itu juga, dari yang seharusnya pukul 09.00 jadi pukul 14.00. Nah, ada beberapa langkah agar tertinggal pesawat tidak terjadi kepada Anda semua. Apa saja sih? Simak tips menghindari ketinggalan pesawat berikut ini.

1.      Perhatikan Jarak Tempuh dari Rumah Menuju Bandara
Untuk urusan ini, Anda harus mengalokasikan waktu lebih dari yang Anda perkirakan, karena Anda tidak akan tahu bagaimana kepadatan lalu lintas di jalan raya. Bila akhirnya Anda datang terlalu awal, itu lebih baik daripada Anda harus menunggu, bukan? Bila perjalanan Anda menuju bandara adalah 1 jam bila keadaan jalan lancar, sedangkan 1 jam sebelum keberangkatan Anda sudah harus check in, maka Anda membutuhkan waktu lebih dari 2 jam. Adalah kesalahan fatal jika pesawat berangkat pukul 16.00 sedangkan Anda berangkat dari rumah baru pukul 14.00.

2.      Bila Dirasa Tidak Memungkinkan, Gunakan Sepeda Motor (Ojeg)
Pernah suatu ketika pada saat pertama kali hendak menggunakan pesawat, saya salah memperhitungkan waktu. Apalagi keadaan saat itu sedang macet parah, jam sibuk saat orang-orang akan berangkat kerja. Alhasil, saya membutuhkan sesuatu yang lebih cepat menuju bandara dibanding naik taksi atau bus. Akhirnya saya memutuskan untuk naik ojeg, karena kebetulan ada ojeg yang tahu jalan pintas menuju bandara. Syukurnya saya sampai tepat waktu. Bila keadaan terdesak, Anda pun dapat melakukan hal ini, daripada Anda harus ketinggalan pesawat.

3.      Perhatikan Terminal Anda
Periksa selalu tiket Anda saat sedang menuju bandara. Pastikan terminal yang Anda tuju adalah terminal yang benar. Bila tiba-tiba Anda salah memasuki terminal, Anda harus berputar lagi menuju terminal yang tepat dan tentu itu sangat membuang-buang waktu. 

4.      Mengenai E-Ticket
Penerbangan sekarang memungkinkan Anda untuk tidak perlu mengeprint E-Ticket lagi. Anda dapat menunjukkannya via smartphone Anda. Namun bila Anda merasa khawatir ada kendala yang akan timbul dengan smarthphone Anda seperti paket data yang tiba-tiba habis atau batre yang tidak terisi penuh, Anda dapat mengeprintnya bila sempat dan Anda tidak perlu repot membuka smartphone. Bila Anda tidak bisa menunjukkan keduanya pada petugas karena ada berbagai kendala, tentu itu akan membuang-buang waktu.


5.      Pasang Telinga
Pasang telinga Anda saat sedang berada di ruang tunggu sebelum check in atau di boarding room. Dengarkan jam berapa tepatnya Anda harus segera menaiki pesawat. Anda Terlalu asyik mengobrol atau bermain gadget akan membuat Anda tidak fokus. Baiknya tidak perlu menyibukkan diri yang bisa membuat keterlambatan.
Demikian tips menghindari ketinggalan pesawat. Pastikan Anda selalu tepat waktu dalam lepas landas. Semoga Sukses!


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Tips Menghindari Ketinggalan Pesawat"