Bagaimana Agar Terhindar dari Kejahatan Selama Traveling?

Agar Terhindar dari Kejahatan Selama Traveling


Kejahatan selalu ada di muka bumi untuk menjaga keseimbangan dengan alam semesta. kejahatan dapat terjadi kepada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja melalui berbagai cara. Untuk itu kapan pun dan di mana pun Anda harus tetap meningkatkan kewaspadaan.
Apalagi bila Anda sedang melakukan traveling, Anda tengah jauh dari rumah, dari keluarga, dan dari orang-orang yang dikenal. Sehingga Anda akan merasa asing di lingkungan baru, dan itu cukup menjadi perhatian oleh orang-orang yang berniat jahat. Tindak kejahatan yang sering terjadi yaitu pencopetan, pencurian, sampai pelecehan seksual. Anda tidak ingin hal itu sampai terjadi pada Anda bukan? Simak tips berikut agar terhindar dari kejahatan selama traveling.

1.      Bawa Peralatan Seadanya
Hindari membawa barang berlebihan atau yang mengundang perhatian selama dalam perjalanan. Bila harus Anda bawa, taruh barang tersebut di dalam tas, jangan dikenakan ketika Anda tengah berjalan atau dalam angkutan. Hindari menggunakan atau membawa barang-barang yang mengundang perhatian selama perjalanan.

2.      List Barang Bawaan
List barang-barang yang akan Anda bawa ke tempat tujuan. Kadang kita lupa apa saja barang yang kita bawa dan kita baru sadar setelah tiba di tempat tujuan maupun ketika sudah pulang. Setelah Anda list barang bawaan, masukkan ke dalam tas dan kunci tas Anda bila Anda menggunakan koper atau ransel.  
(Baca juga: Ini Nih yang Perlu Dibawah Saat Liburan)

3.      Bawa Uang Secukupnya
Bila Anda yakin di tempat tujuan akan banyak ditemukan ATM, tidak perlu membawa uang terlalu banyak. Cukup membawa uang untuk membayar tiket, karcis, dan makan lalu letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Jangan sekali-kali membuka tas besar di tempat umum.

4.      Tingkatkan Kewaspadaan
Perhatikan selalu sekeliling Anda, jangan sampai pikiran kosong. Jika ditemukan sesuatu yang mencurigakan, segeralah berpindah tempat. Yakinlah pada firasat Anda jika akan ada sesuatu yang menimpa. Tapi bila Anda terlanjur menjadi korban, jangan lupa catat ciri-ciri fisik pelaku dan nomor kendaraannya. Lalu minta pertolongan kepada petugas keamanan setempat atau penduduk yang dekat dengan lokasi kejadian. Jangan ragu untuk berteriak bila Anda merasa orang lain dapat membantu mengejar penjahat tersebut.

5.      Siapkan Alat Komunikasi
Pastikan alat komunikasi Anda baterainya selalu terisi penuh dan pulsanya mencukupi. Sebelum berangkat, catatlah nomor-nomor penting tujuan wisata Anda. Jangan lupa, membawa power bank adalah sesuatu yang wajib. Alat komunikasi juga bisa digunakan untuk menghubungi polisi atau orang-orang terdekat Anda bila terjadi sesuatu.

6.      Hindari Kawasan Sepi
Hindari jalan atau kawasan yang sepi apalagi pada malam hari. Hindari traveling seorang diri bila Anda tidak tahu medan dan tidak membawa peta. Apalagi bila Anda seorang wanita, baiknya ada teman atau kerabat yang selalu menemani.

7.      Bersikaplah yang Cerdas dan Wajar
Jangan terlihat bodoh, norak, atau berlebihan ketika Anda berada di tengah keramaian, apalagi jika sampai Anda tersesat. Guna mengatasinya, pelajari wilayah tujuan wisata Anda sebelum melakukan perjalanan. Teliti dan pahami rute yang akan dilewati, transportasi apa yang digunakan, dan berapa ongkos tiketnya. Gunakan aplikasi-aplikasi pendukung seperti GPS bila alat komunikasi Anda support untuk menggunakannya.

Demikianlah artikel bagaimana agar terhindar dari kejahatan selama traveling. Semoga Anda selalu menjaga diri dan waspada saat tengah bepergian ke manapun.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Bagaimana Agar Terhindar dari Kejahatan Selama Traveling?"

Posting Komentar