5 Hal yang Harus Dipersiapkan Traveler Pemula

Banyak yang mesti dipersiapkan bagi seseorang yang memilih menghabiskan masa liburnya untuk berwisata. Apalagi bila orang tersebut baru ingin memulai debutnya sebagai seorang traveler. Tanpa mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang hanya akan membuat ia kelimpungan dalam perjalanan, bahkan dapat membuatnya tersesat. Untuk itu diperlukan persiapan yang benar-benar matang agar perjalanan kita dapat berjalan lancar sesuai rencana. Apa saja? Yuk kita simak artikel 5 hal yang perlu dipersiapkan traveler pemula.

     1. Dana
Dana adalah faktor utama seseorang untuk dapat bepergian. Anda harus mengalokasikan sejumlah dana yang diperlukan sesuai dengan tujuan wisata. Alokasi ini bisa berupa tabungan dari uang saku atau penghasilan yang sudah Anda siapkan sejak jauh hari. Bila Anda hendak menggunakan jasa travel karena dirasa lebih simpel, minta detail rincian kepada pengelola. Apakah dana yang harus dikeluarkan sudah termasuk transport, penginapan, makan, tiket masuk, dsb. Bila sudah, ada dana lain yang harus Anda alokasikan seperti makan dan jajan di luar jadwal, sewa kendaraan untuk berkeliling, tip untuk guide, souvenir untuk keluarga di rumah, dan biaya tak terduga lainnya. Atau bila Anda hendak menggunakan cara backpacker dengan mengurus semua keperluan seorang diri, Anda harus pandai menekan biaya seminimal mungkin karena akan banyak keperluan yang akan Anda keluarkan selama berlibur. Hal ini bisa disiasati dengan mencari penginapan dengan biaya murah atau menumpang di kediaman kerabat yang Anda kenal di kota tujuan. Jangan lupa untuk menyediakan dana dalam bentuk cash karena tidak semua tempat tujuan mudah ditemukan mesin ATM seperti kota-kota besar.

Yang Harus Disiapkan Traveler Pemula


      2. Buatlah rute perjalanan
Setelah Anda sudah selesai dalam urusan alokasi dana, artinya Anda sudah siap untuk berangkat. Maka mulailah membuat rute perjalanan yang tepat dan efisien sesuai waktu yang Anda miliki. Berlibur tanpa membuat rute perjalanan hanya akan membuat waktu Anda terbuang. Bila Anda memilih menggunakan jasa travel, Anda tidak perlu membuat rute perjalanan karena semua jadwal dan akomodasi sudah diatur oleh pengelola. Rute perjalanan ini diperuntukkan bagi para backpacker yang sejak pergi sampai kembali hendak mengunjungi tempat-tempat tertentu. Mulailah dengan mengeprint sebuah peta tujuan. Dengan peta ini perjalanan Anda menjadi terarah. Usahakan tiap perjalanan dapat dilakukan searah. Misalnya, jika Anda hendak menuju Malioboro di Yogyakarta dan hendak mengunjungi tempat lain seperti Wisata Keraton dan Pantai Parangkusumo – Bantul, maka disarankan Anda untuk mengunjungi Wisata Keraton terlebih dahulu karena lokasinya lebih dekat dengan Malioboro. Setelah itu baru Anda bisa mengunjungi pantai Parangkusumo dan dapat mengunjungi tempat-tempat lainnya di Bantul seperti Makam Imogiri, Goa Selarong, atau Pemandian Air Panas Parang Wedang.



3. Mengenal adat istiadat masyarakat setempat
Ini kesempatan bagi Anda yang sejak lahir berada di Indonesia dan sangat ingin mengenal “Indonesia”. Sambil menyelam minum air, Anda dapat menikmati liburan, saat itu juga Anda mendapat wawasan dari kearifan lokal masyarakat setempat. Dari destinasi wisata Anda dapat bergerak ke perkampungan penduduk. Anda dapat memulai dengan berbaur bersama mereka, bertanya keseharian penduduk, mitos-mitos bila ada, kegiatan spiritual, seni dan budaya, sampai sejarah tempat tersebut. Dari situ Anda akan semakin ingin tahu adat istiadat mereka bila perlu mengabadikannya dalam sebuah foto atau tulisan. Ketika pulang ke rumah sebagai traveler pemula, Anda sudah memiliki bekal yang dapat diceritakan kepada kerabat dan teman-teman di rumah, yang belum tentu bisa diceritakan oleh mereka yang bukan pemula sekalipun.



      4. Mencari informasi tempat tujuan (cuaca, lingkungan, dsb)
Mencari informasi di internet terkait tempat tujuan menjadi unsur penting agar perjalanan Anda berjalan sesuai rencana. Salah satunya cuaca, contoh: para pendaki gunung Semeru dapat membatalkan niatnya mendaki karena pihak pengelola masih menutup jalur pendakian sampai waktu yang tidak dapat ditentukan karena adanya badai. Maka disarankan Anda dapat terlebih dahulu mengecek informasi cuaca melalui internet atau BMKG. Begitupun dengan lingkungan tujuan, adakah tengah mengalami sebuah wabah, konflik, atau keadaan apapun yang dapat merugikan para pendatang. Dengan kroscek terlebih dahulu, semua kondisi yang tidak diinginkan dapat segera Anda atasi dengan mengalihkan tujuan wisata atau menunda perjalanan.




      5.  Terakhir, jaga diri, bersikaplah tenang bila menghadapi sesuatu
Ini yang juga penting. Semua bekal dana, rute, dan informasi yang telah Anda persiapkan dapat buyar seketika bila Anda tidak tenang dalam menghadapi sesuatu di perjalanan. Misalkan bila Anda tersesat di suatu malam, janganlah panik. Tetaplah melangkah sampai menemukan keramaian. Di sana Anda dapat menumpang singgah hingga mentari datang lalu melanjutkan perjalanan. Siapkan pula benda-benda yang dapat melindungi diri dari niat jahat seseorang. Salah satunya parfum, yang bisa Anda gunakan tepat ke mata siapapun yang hendak berniat tidak baik.
(Baca juga: Bagaimana Agar Terhindar dari Kejahatan Selama Traveling?)



Sekian 5 hal yang harus dipersiapkan traveler pemula. Semoga Anda tidak kebingungan lagi saat hendak melakukan debut traveling setelah membaca artikel 5 hal yang harus dipersiapkan traveler pemula ini. 

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "5 Hal yang Harus Dipersiapkan Traveler Pemula"

Posting Komentar