Tips Menekan Biaya Liburan Seminimal Mungkin

Menekan Biaya Liburan


Bila musim liburan akan tiba dan Anda sudah memiliki rencana untuk berlibur, baiknya Anda sudah merencanakannya sebaik mungkin. Namun persiapan maksimal sekalipun akan percuma bila budget Anda untuk berlibur belum mencukupi. Bila itu terjadi, Anda tidak perlu menunda rencana berlibur Anda. Anda dapat menyiasatinya dengan menekan biaya seminimal mungkin sehingga Anda dapat tetap berlibur meskipun dengan budget minim.
Budget minim bukan berarti Anda beririt selama dalam perjalanan, tetapi menyiasati pengeluaran sehingga liburan Anda tetap menyenangkan. Untuk itu, simak tips menekan biaya liburan seminimal mungkin berikut ini.

1. Merencanakan Perjalanan Sejak Jauh Hari
Bila rencana perjalanan sudah dipersiapkan sejak jauh hari, hal itu akan mempengaruhi biaya-biaya yang akan Anda keluarkan. Seperti tiket pesawat atau kereta api, semakin lama Anda membeli akan semakin murah harganya. Pemesanan tiket tentunya dilakukan setelah Anda menentukan kapan akan berangkat dan ke mana tujuan Anda. Dengan jarak waktu yang cukup lama akan semakin mematangkan rencana perjalanan Anda.

2. Cari Teman di Tempat Tujuan
Mempunyai teman yang tinggal atau orang asli di tempat tujuan wisata merupakan cara tepat untuk membuat biaya perjalanan Anda lebih murah. Selain mampu mejadi pemandu wisata gratis ke lokasi-lokasi wisata, Anda juga dapat singgah di kediamannya selama Anda berlibur. Sehingga akan banyak biaya yang terpangkas karena Anda tidak menginap di hotel.

3. Mempelajari Bahasa dan Dialek Setempat
Bahasa sangat mempengaruhi tanggapan penduduk lokal terhadap wisatawan. Wisatawan dengan bahasa bukan daerah wisata sering mendapat harga berbeda bila hendak membeli sesuatu dari penduduk setempat. Oleh karenanya, memiliki kemampuan untuk berbicara  bahasa dan dialek tujuan wisata diyakini dapat meringankan biaya yang akan Anda keluarkan. dengan bahasa yang sama, Anda akan dianggap sama sebagai penduduk setempat sehingga tidak akan diberikan harga yang terlalu mahal.

4. Hindari Berbelanja di Pusat Wisata
Baiknya sebelum masuk ke pusat-pusat tempat wisata, Anda telah menyiapkan bekal makanan dan cemilan yang akan Anda bawa. Kebanyakan, penjual rumah makan dan oleh-oleh di pusat wisata memasang harga lebih mahal dibanding tempat lain. Anda dapat membelinya di perkampungan penduduk atau bila hendak berbelanja oleh-oleh Anda dapat membelinya di pasar.

5. Gunakan Transportasi Massal
Cara paling hemat dalam menggunakan transportasi dalam kota adalah menggunakan transportasi umum, seperti yang biasa digunakan oleh penduduk lokal. Bus kota atau angkutan kota adalah transportasi massal yang akan mudah ditemukan di tiap kota tujuan wisata. angkutan kota atau bus memiliki tarif yang jauh lebih murah dibanding Anda harus menyewa mobil atau taksi. Tentu saja titik-titik pemberhentian dan tujuan Anda harus Anda ketahui agar tidak tersesat di jalan.
(Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Traveler Pemula)

Dengan cara-cara tersebut, diharapkan dana yang seharusnya keluar cukup banyak, dapat Anda tekan sehingga tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk berlibur. Demikian tips menekan biaya liburan seminimal mungkin. Semoga bermanfaat.

Sumber: merdeka.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Tips Menekan Biaya Liburan Seminimal Mungkin"