5 Pertimbangan Membawa Laptop Saat Berwisata

Membawa Laptop Saat Berwisata


Laptop adalah barang yang cukup krusial. Saat berwisata, seringkali laptop dibutuhkan untuk memudahkan akses komunikasi dan informasi. Sah saja melakukan perjalanan wisata sambil membawa gadget termasuk laptop. Laptop jenis netbook menjadi pilihan tepat karena bentuknya yang kecil dan ringan. Dengan beragam teknologi yang ada sekarang, laptop berguna untuk banyak hal.


Laptop sangat berguna untuk memindahkan foto-foto hasil jepretan kamera. Selain itu laptop juga memudahkan pencarian informasi lewat internet, juga komunikasi dengan kerabat di seluruh dunia. Laptop juga berguna bagi Anda yang ingin menulis langsung kisah perjalanan alias menjadi travel writer.

Sebelum Anda membawa benda ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui lebih dulu. Ini dia 5 pertimbangan membawa laptop saat berwisata:

1. Faktor keamanan di destinasi tujuan

Keamanan adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan. Baik itu di perkotaan, pedesaan, gunung atau pantai, Anda harus memastikan bahwa tempat tersebut cukup aman. Menyimpan laptop di tempat yang aman dalam tas adalah salah satu cara menghindari pencurian. Anda tahu risikonya jika berwisata ke daerah rawan pencurian, kan?

2. Kompatibilitas tas laptop


Laptop adalah benda yang cukup ringkih. Oleh karena itu, Anda butuh tas khusus laptop jika ingin membawanya bepergian. Jika tidak punya tas laptop, Anda bisa menyimpannya di sela-sela tumpukan baju. Tas laptop banyak dijual di toko-toko aksesori komputer. Tas backpack dengan kompartemen laptop adalah yang paling ideal saat traveling. Hal ini penting untuk meminimalisir risiko kerusakan laptop di tengah perjalanan.

3. Fasilitas listrik di daerah tujuan

Tak semua tempat wisata punya fasilitas listrik. Mungkin Anda bisa menyalakan sekaligus mengisi daya baterai di daerah perkotaan, namun jika berwisata alam hal ini belum tentu bisa dilakukan. Bawalah laptop hanya ketika destinasi tujuan Anda punya fasilitas listrik. Tentunya Anda tak mungkin membawa laptop ketika mendaki gunung bukan?

4. Siap-siap repot di bandara

Di Bandara Soekarno Hatta, mungkin Anda tak akan menemui kesulitan ketika membawa laptop keluar-masuk bandara. Tapi di bandara beberapa negara seperti Singapura, Anda harus membuka laptop di depan petugas imigrasi. Hal ini tentunya agak menyulitkan, terutama jika tas Anda sudah dibungkus oleh plastic wrap.

5. Steker listrik yang tepat

Jangan kira semua negara punya steker berlubang dua seperti di Indonesia. Di Australia misalnya, semua steker listrik punya lubang tiga. Tentunya Anda harus menyiapkan steker ini sebelum pergi, terutama ke luar negeri. Untuk memudahkannya, Anda bisa membeli International Travel Charger yang tersedia di berbagai toko peralatan listrik. Charger ini bisa dibongkar-pasang sesuai dengan lubang steker sehingga praktis untuk dibawa.

Nah, jika Anda pikir semua hal tersebut sudah terpenuhi, tidak ada salahnya membawa laptop untuk menemani perjalanan Anda. Tapi kalau hal-hal di atas tidak memungkinkan, meninggalkan laptop di rumah mungkin malah lebih baik untuk Anda.

Demikian artikel 5 Pertimbangan Membawa Laptop Saat Berwisata. Semoga artikel 5 Pertimbangan Membawa Laptop Saat Berwisata ini bermanfaat bagi Anda yang hendak bepergian ke pelosok tanah air maupun keluar negeri.

sumber: travel.detik.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "5 Pertimbangan Membawa Laptop Saat Berwisata"

Posting Komentar