Tidak Punya Waktu untuk Berlibur? Ikuti Tips Ini



Siapa sih orang yang tak senang berlibur? Berjalan di tepi pantai, merasakan percikan air terjun, merasakan hawa dingin pegunungan, dan menikmati wisata kuliner khas daerah setempat? Semua orang pasti menginginkannya, meluapkan semua emosi setelah seharian bekerja. Tapi sayang, kita merasa tidak punya banyak waktu bila melihat kalender dan tidak ada tanggal merah sama sekali. Apalagi bila belum ada jatah untuk mengambil cuti. Tenang, kamu tak usah khawatir. Ada tips ampuh supaya kamu bisa tetap berlibur tanpa harus ambil cuti.


1. Manfaatkan tanggal merah seutuhnya

Tips ini kedengarannya si gampang, tapi sebenarnya malah sulit untuk dilakukan. Sadar atau tidak, sering sekali tanggal merah terlewat begitu saja, dengan alasan karena terlau singkat digunakan untuk berlibur.
So, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kalender. Catat tanggal mana saja yang bisa kamu gunakan untuk berlibur. Tidak harus keluar kota loh! Di pinggiran kota juga banyak tempat wisata yang bisa memanjakan kamu.


2. Susun daftar tujuan liburan berdasarkan prioritas

Kamu perlu ingat bahwa waktu berliburmu amatlah singkat. Tidak mungkin kan kamu bisa mendatangi banyak tempat? Jadi, susun saja segera tujuan liburanmu. Skala prioritas bisa kamu buat dari yang terdekat sampai terjauh, termurah sampai termahal, atau liburan dari yang kamu inginkan sampai yang biasa-biasa saja. Misal, tanggal merah ini kamu mau ke kepulauan seribu, tanggal selanjutnya kamu bisa merencanakan perjalanan ke Yogyakarta, dan seterusnya. Namun ingat, semuanya disusun sesuai dengan tanggal libur yang tersedia.


 3. Cuma punya waktu akhir pekan? Gak masalah!

Kalau memang kamu gak nemu tanggal merah di waktu terdekat, jangan ragu untuk mengambil waktu di akhir pekan. Mungkin kamu merasa hari sabtu atau minggu tidaklah cukup untuk melakukan traveling. Itu terjadi bila kamu tidak melakukan aktivitas apa-apa dan hanya berleha-leha di rumah. Waktu akan terasa terbuang begitu saja. Namun bila kamu keluar rumah dan melakukan traveling, waktu akan kamu manfaatkan sebaik mungkin dengan merencanakan perjalanan sedetail mungkin.


4. Sisihkan waktu untuk googling
Karena waktu liburan yang kamu punya tidak panjang, kamu harus pintar dalam merencanakan. Lakukan riset terlebih dulu di google, mulai dari promo kereta api atau pesawat, promo penginapan, sampai hal detail seperti festival atau perhelatan acara di tempat tujuan. Salah satu destinasi yang sering menyelenggarakan festival yaitu di Dieng. Informasi event-event di tempat tujuan juga bisa kamu dapat dari para travel blogger.


5. Cari teman liburan
Bagi orang yang berlibur untuk menenangkan diri, liburan solo memang disarankan. Tapi bila tujuanmu adalah refreshing, cobalah cari teman liburan! Memiliki teman liburan sangatlah asyik untuk mengeksplor tempat-tempat baru. Kamu bisa bertualang ke tempat-tempat yang belum pernah kamu tuju dan menikmati kuliner khas daerah tersebut. Gak harus cari orang yang kamu kenal kok untuk mencari teman liburan. Salah satu contoh kamu bisa gabung di komunitas backpacker. Di sana, kamu dapat berbagi pengalaman sesama petualang.Berkesan, bukan?


Itu dia tips buat kamu yang gak punya banyak waktu untuk berlibur. So, tunggu apa lagi? Segera tentukan waktu dan rencanakan liburanmu!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tidak Punya Waktu untuk Berlibur? Ikuti Tips Ini"

Posting Komentar